Tips Memilih Jurusan Kuliah di Perguruan Tinggi

Sudah lulus ya?….selamat ya….saatnya masuk ke jenjang baru. Sudah tahu mau ambil jurusan apa belum? Jurusan kuliah menentukan karir masa depanmu lho?

Masih bingung?

Coba beberapa tips memilih jurusan kuliah ini. Semoga kamu bisa segera memutuskan jurusan apa yang bisa kamu ambil.

1. Selaraskan dengan jurusan waktu SMA/SMK

Nah, kamu kan sudah banyak ilmu dari SMA/SMK tinggal dilanjutkan. Misalnya kamu SMA jurusan IPA, lebih baik kamu pilih fakultas yang selaras dengan jurusan kamu sebelumnya seperti fakultas MIPA, kependidikan tentang IPA, atau ilmuan. Kenapa begitu? Ini bisa menghemat waktumu karena kamu sudah punya dasar ilmu jadi akan lebih mudah diperkuliahan nanti

2. Hubungkan dengan cita-cita

Supaya semangat kuliahnya hubungkan dengan cita-citamu. Jadi, kamu tidak merasa terbebani. Ikuti kata hatimu, tapi ingat juga kemampuanmu. Kalau kamu merasa kurang mampu untuk jadi pengacara, ya jangan ambil fakultas hukum. Lebih baik kamu ambil jurusan yang tidak membuatmu stress. Tak ada masalah dengan berganti cita-cita. Yang terpenting kejar cita-cita yang sudah kamu putuskan dengan cara-cara yang baik supaya berkah.

3. Sesuaikan dengan budget

Kuliah kedokteran selalu jadi momok, karena biayanya melangit. Belum lagi setiap tahun biaya pendidikan pasti meningkat. Hal ini akan menjadi masalah besar ketika tidak sepadan dengan income yang kamu dapat. Jatah dari orang tua berapa? Dan kesanggupan orang tua untuk membiayai kuliahmu serta kesanggupanmu untuk cari tambahan sendiri. Budget ini harus direncanakan diawal. Hitung juga uang makan, transportasi, dan kebutuhan lainnya. Perhitungan ini penting untuk menghindari pemborosan.

4. Jangan terpengaruh pilihan teman

Banyak mahasiswa yang memilih jurusan kuliah karena ikut-ikutan teman. Misalnya karena terlalu akrab dengan si A akhirnya tak bisa berpisah dari si A. Ini tidak akan baik untuk masa depanmu. Kamulah yang bertanggung jawab atas masa depanmu. Jadi, jangan hanya ikut-ikutan trend. Ketika banyak orang mengambil jurusan seni, maka bukan berarti kamu akan kuper jika tidak mengambil jurusan seni. Pilih jurusan yang akan membuatmu nyaman dalam belajar dan membawamu ke masa depan yang cerah sesuai kemampuan dan keinginanmu.

5. Jangan terpaksa

Terkadang ada orang tua yang sudah jauh-jauh hari mempersiapkan pendidikan anak-anaknya. Bahkan sudah direncanakan akan dibantu masuk kerja ke lembaga atau perusahaan tertentu. Hal ini baik bagi sebagian orang tapi bisa jadi tidak baik bagi sebagian yang lain. Orang tua punya kewajiban untuk mengarahkan anak-anak mereka, tapi keputusan akhirnya tetap harus melibatkan anak. Sebagai anak kamu harus berani mengungkapkan pendapat, kalau kamu merasa tidak mampu jangan dipaksakan. Hal itu nantinya justru akan membebani kamu.

6. Jangan asal-asalan

Kamu memang tidak tahu masa depan akan seperti apa. Tapi, kamu punya hak untuk merencanakan secara matang akan jadi apa kamu dimasa depan nanti. Persaingan semakin ketat, sudah banyak alumni S1 tanpa penghasilan dimana-mana. Kamu harus jeli dalam memilih, diskusikan dengan guru sekolahmu dan juga orang tuamu. Ingat selalu perhitungkan kemampuan. Jangan sampai pendidikan yang ditempuh selama kurang lebih empat tahun tidak memberi hasil sama sekali.

Nah, itu tadi tips memilih jurusan kuliah yang bisa kamu coba untuk menetukan jurusan yang paling sesuai dengan kemauan dan kemampuanmu. Kuliahmu menentukan ilmu yang kamu miliki dan itu semua menentukan karir masa depanmu. Jangan lupa untuk selalu berlatih, belajar, dan mencari tahu sebanyak-banyaknya tentang sebuah jurusan sebelum kamu menjatuhkan pilihan.